Tim Media Center Kota Pariaman

Tim Media Center Kota Pariaman
Tim Media Center Kota Pariaman

Selasa, 08 Mei 2012

TBC Bukan Penyakit Memalukan

Pariaman, 8/5/2012
Penyakit TBC (Tuberculosis) yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis bukan merupakan penyakit yang memalukan, bagi yang terkena TBC tidak usah malu berobat dan menyembunyikan penyakitnya, hal tersebut diungkapkan Dr. Anung Respati, MKM Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Selasa (8/5)

“Di Kota Pariaman, anggapan seperti tersebut selalu menghantui para penderita di kota pariaman, selain itu juga penderita TBC mengganggap penyakit yang dideritanya merupakan “guna-guna“  orang lain, dan karena miskin, sehingga penderita merasa tersisih  di tengah-tengah masyarakat” ungkapnya.

Dia menegaskan, penyakit yang disebabkan oleh kuman tersebut ditularkan melalui droplet atau bercak dahak dari pasien yang terinfeksi dan siapa saja bisa terkena. Penularan hanya terjadi ketika daya tahan tubuh seseorang berada dalam kondisi sangat lemah.

“Mengatasi anggapan yang salah di tengah-tengah masyarakat Kota Pariaman, Dinas Kesehatan terus memberikan pengetahun terhadap penyakit TBC, dan peran masyarakat agar penderita TBC tidak disisihkan dalam bersosialisasi dengan masyarakat, “ tuturnya.

“Perkiraan di Kota Pariaman, penderita TBC setiap tahunnya bertambah hingga 125 orang, di tahun 2012 lebih kurang 23 orang penderita TBC telah diobati, paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar