Tim Media Center Kota Pariaman

Tim Media Center Kota Pariaman
Tim Media Center Kota Pariaman

Rabu, 02 Mei 2012

Dinas Kesehatan Evaluasi Capaian MDGs Kota Pariaman

Pariaman, 1/5/2012
Dari delapan arah pembangunan yang disepakati secara global yang tertuang dalam MDGs, lima diantaranya merupakan tugas bidang kesehatan, yakni menghapuskan kemiskinan dan kelaparan berat, menurunkan kematian anak, meningkatkan kesehatan maternal, melawan penyebaran, HIV/AIDS, dan penyakit kronis lainnya (malaria dan tuberkulosa), serta menjamin keberlangsungan lingkungan. Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Pariaman terus bertekad untuk memenuhi komitmen pencapaian target MDGs pada 2015 mendatang dengan mengevaluasi capaian Dinas Kesehatan salah satunya melalui puskesmas di Kota Pariaman.

Evaluasi Dinas Kesehatan tersebut dilakukan di Gedung Pertemuan Pondok Indah Kota Pariaman, Selasa (1/5) dengan melibatkan enam Kepala Puskesmas, Puskesmas Air Santok, Nareh, Kuraitaji, Padusunan, Pariaman, dan Marunggi.

Kepala Bidang Kesehatan Keluarga (Kesga) Dinkes Kota Pariaman, Satria Yarlina, SKM yang juga ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana capaian MDGs Bidang Kesehatan di Kota Pariaman terealisasi serta melihat upaya-upaya yang akan dilakukan untuk pencapaian poin-poin secara keseluruhan.

Ia menjelaskan, Kondisi Kota Pariaman terhadap gizi kurang dan buruk, MDGs membatasi gizi buruk hanya 15% dari total populasi balita dan Kota Pariaman kini masih 16% dari 8.000 total populasi balita.

“Disamping itu, beberapa kebijakan Pemerintah Kota Pariaman bidang kesehatan dalam mewujudkan MDGs adalah jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat kota Pariaman melalui program JKSS (Jaminan Kesehatan Sakato Sabiduak Sadayuang),” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar