Tim Media Center Kota Pariaman

Tim Media Center Kota Pariaman
Tim Media Center Kota Pariaman

Senin, 30 April 2012

KOTA PARIAMAN KEMBALI MENGGALAKKAN MINA PADI

Pariaman, 26/04/12(Kominfo_Newsroom) Mina padi salah satu pemeliharaan ikan di sawah bersama padi, Sistem usaha tani mina padi telah dikembangkan di Indonesia sejak satu abad yang lalu (Ardiwinata, 1987). Selain menyediakan pangan sumber karbohidrat, sistem ini juga menyediakan protein sehingga cukup baik untuk meningkatkan mutu makanan penduduk di pedesaan (Syamsiah et all. 1988). 


Dalam wawancara dengan Kabid Budidaya Dinas Perikanan Kota Pariaman Irwan, SPI, mengatakan  dengan teknologi yang tepat, mina padi dapat memberi pendapatan yang cukup tinggi.

Persyaratan lokasi yang akan dipergunakan sebagai lahan mina padi lahan sawah harus memiliki sumber air yang dapat diandalkan , bebas banjir terhindar dari hewan yang dan merusak pematang sawah dan hewan yang memangsa ikan peliharaan, tambahnya.

Banyak sekali keuntungan yang didapat dari usaha tani mina padi berupa peningkatan produktivitas lahan, peningkatan produksi padi dan ikan, mengurangi penggunaan pestisida, pupuk anorganik, penyiangan, pengolahan tanah, ucapnya.
Ada tiga daerah di kota Pariaman yang lahan sawahnya akan diterapkan sistem mina padi yaitu Sungai Sirah, Santok, dan Sungai pasak, tutupnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar