Tim Media Center Kota Pariaman

Tim Media Center Kota Pariaman
Tim Media Center Kota Pariaman

Senin, 08 November 2010

Waspadai Cuaca Tak Menentu

Waspadai Cuaca Tak Menentu


Pariaman, 12 Oktober 2010

Perubahan cuaca yang tak menentu dalam beberapa hari terakhir ini. Suhu udara saat siang hari terasa sangat panas, bahkan terasa menyengat di kulit. Tetapi pada malam hari suhu udara terasa dingin, lalu keesokan harinya hujan turun.

Perubahan cuaca tersebut akan berpengaruh terhadap alur kontaminasi mikroba, sosioekonomi, dan demografi. Hal ini jelas berdampak terhadap kesehatan.
Misalnya cuaca menjadi ekstrem, temperatur sering berubah-ubah, curah hujan menjadi tidak terprediksi dan kenaikan permukaan air laut juga fluktuatif.
Penyimpangan perubahan cuaca ini akan berpengaruh pada kesehatan melalui beberapa kondisi. Seperti alur kontaminasi mikroba, dampak kesehatan, dan hubungannya dengan polusi udara. Selain itu, mendatangkan penyakit melalui air dan makanan. Dari sosioekonomi geografi, masalah tadi berdampak terhadap mental, gizi, dan penyakit infeksi.
“Untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang tidak menentu ini, dihimbau kepada masyarakat Kota Pariaman agar minum air puith yang cukup, istirahat yang banyak, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi”, ungkap DR. Anung Respati M.KM Kabid P2P Dinkes Kota Pariaman.