Tim Media Center Kota Pariaman

Tim Media Center Kota Pariaman
Tim Media Center Kota Pariaman

Selasa, 15 Mei 2012

Program PPSP Kota Pariaman Sudah Sampai Pada Tahap MPSS

Pariaman, 10/5/2012
Program PPSP (Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman) Kota Pariaman yang merupakan gagasan Pemerintahan Pusat telah sampai pada tahap penyusunan MPSS (Memorandum Program Sektor Sanitasi).
“Program PPSP di Kota Pariaman setelah melalui beberapa tahap mulai dari penyusunan Buku Putih Sanitasi Kota dan Strategi Sanitasi Kota (SSk)  yang telah selesai pada tahun 2011 kemarin, kini Kota Pariaman fokus pada penyusunan MPSS yang didukung oleh pusat dan propinsi,” kata manager Kabid Sarana dan Prasarana Wilayah Bappeda Kota Pariaman Lia Lestari, ST, saat ditemui di Kantor Bappeda Kota Pariaman,Kamis (10/5).


Lia mengatakan, setelah beberapa tahapan yang kita lalui, isu strategis pada sanitasi Kota Pariaman cakupannya masih rendah, seperti pelayanan persampahan yang masih kurang terlihat pada armada angkutan sampah yang saat ini belum mampu melayani seluruh daerah di empat kecamatan, keterbatasan lahan TPAS (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) sehingga masih menggunakan sistem open dumping dengan tanah penutup secara berkala belum Sanitary landfil dengan pengolahan sampah.

“Kota Pariaman baru melayani sekitar 27% penduduk Kota Pariaman yang saat ini berjumlah 81.576 orang, selain itu rumah tangga Kota Pariaman yang telah memilki septik tank dan cubluk sekitar 42 % dari 14.735 rumah tangga di Kota Pariaman,” paparnya.

Dan masih rendahnya kesadaran dan peran serta masyarakat dalam pemeliharaan dan pengelolaan saluran drainase di lingkungan seperti membuang sampah di saluran drainase yang menyebabkan saluran drainase tertutup sampah.

“Kedepan dengan program PPSK di Kota Pariaman, sanitasi tidak lagi menjadi masalah yang berarti bagi masyarakat, dan kesadaran masyarakat dalm mencipatakan sanitasi yang sehat dan perilaku sanitasi yang baik,” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar