Tim Media Center Kota Pariaman

Tim Media Center Kota Pariaman
Tim Media Center Kota Pariaman

Selasa, 03 April 2012

PMI Kota Pariaman Adakan Pelatihan SIBAT Guna Mengurangi Resiko Bencana

Pariaman, 2/4/2012
Guna mengurangai resiko terjadinya bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pariaman mengadakan pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di Kantor Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur. Pelatihan diselenggarakan selama 8 hari dari tanggal 26 Maret hingga 2 April 2012 dan diikuti oleh 22 orang yang merupakan perwakilan dari 4 Dusun di Koto Marapak.


Eva Mairiza selaku Korlap PMI Kota Pariaman mengatakan, Pelatihan SIBAT diadakan guna mengenalkan pada masyarakat melalui peserta pelatihan cara penanggulangan ketika menghadapi bencana sewaktu waktu datang dan tanpa kita duga. Peserta akan dibekali materi kesiapsiagaan bencana, konsep strategi pengurangan resiko terpadu berbasis masyarakat, serta simulasi ketika terjadinya bencana.

“Peserta yang kita latih juga akan menjadi perpanjangan tangan PMI dalam mengorganisir masyarakat di desanya bila terjadi bencana baik sebagai pendamping, penyuluh, dan motivator serta menggerakkkan masyarakat,” jelasnya.
Ia mengharapkan, Selama mengikuti pelatihan SIBAT peserta dapat memahami materi dan menerapkan dalam lingkungan baik dalam kegiatan PMI maupun dimasyarakat.

Pelatihan tidak hanya melibatkan peserta saja dalam pelatihan ini juga melibatkan masyarakat sekitar dalam hal simulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar